Minggu, 18 Mei 2008

WEB BROWSER

Web browser adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan penggunan untuk menampilkan dan berinteraksi dengan text, gambar, and informasi yang ada pada halaman web pada sebuah di World Wide Web (WWW) atau local area network (LAN). Meskipun dalam kurun waktu tersebut Internet Explorer tetap mempunyai pangsa pasar tertinggi, namum Firefox 2.0 buatan Mozilla telah didownload sebanyak dua juta kali hanya dalam waktu 24 jam sejak pertama kali ditaruh di internet. Pertumbuhan browser Firefox cukup pesat salah satu sebab utamanya karena didukung para pengguna internet dan komunitas open-source. Mereka lebih memilih browser bikinan Mozilla karena faktor keamanan yang lebih andal dibanding Internet Explorer milik Microsoft Secara garis besar misalnya Internet Explorer(IE) nyaman digunakan untuk membaca halaman web, tetapi dalam hal mendownload masih kalah jika dibandingkan dengan Opera. Firefox bersifat free dan open source, banyaknya plugin dan mudah mengganti tampilan firefox melalui skins yang banyak tersedia. Opera menampilkan halaman web dengan baik meskipun dalam koneksi lambat. Kemampuannya dalam mendownload file lebih baik daripada yang lainnya. Sayangnya browser ini kurang support terhadap ajax. Fasilitas-fasilitas di google seperti google calendar, google page, google spreadsheet juga tidak dapat dijalankan dengan opera.

Web Browser yang paling popular

1.Internet Explorer

Sebuah browser web propieter yang gratis dari Microsoft.

2.Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

3.Opera

Sebuah browser web buatan Opera software yang bermarkas di Norwegia. Opera compatibel dengan sistem operasi windows dan Linux.

4.Netscape Navigator

Netscape Navigator, juga dikenal sebagai Netscape, adalah proprieter web browser yang popular di tahun 1990.






Tidak ada komentar: